Tri satya pramuka


TRI SATYA
Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap tuhan dan negara kesatuan Republik Indonesia dan ikut serta membangun masyarakat, Menepati Dasa Darma
DASA DARMA
1.      Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2.      Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia.
3.      Patriot yang Sopan dan Kesatria.
4.      Patuh dan Suka Bermusyawarah.
5.      Rela Menolong dan Tabah.
6.      Rajin Terampil dan Gembira.
7.      Hemat Cermat dan Bersahaja.
8.      Disiplin Berani dan Setia.
9.      Bertanggungjawab dan Dapat Dipercaya.
10.  Suci Dalam Pikiran, perkataan dan Perbuatan.


BENARKAH GERAKAN PRAMUKA BERMANFAAT UNTUK ANAK BANGSA
Salam Pramuka
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
            Negara adalah organisasi di suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyat. Indonesia merupakan negara yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) dan kaya akan Sumber Daya Manusia (SDM). Sumber daya alam yang begitu berlimpah akan sangat menguntungkan sebuah negara apabila ia dapat dikelola dengan baik dan bijak.
            Begitupula dengan sumber daya manusianya, “kekayaan terbesar republik indonesia adalah sumber Daya Manusianya” Anies Baswedan (menteri Pendidikan dan kebudayaan). Pemerintah juga harus dapat membina anak-anak bangsa dengan tepat. Coba kita lihat di media-media sosial berapa banyak pemberitaan yang membicarakan tentang tawuran antar pelajar gambaran yang seperti itu semestinya tidak terjadi di negara kita ini. Terkadang alasan mereka berbuat anarkis sebagian besar adalah hal-hal yang sepele, misalnya bersenggolan ketika berkendara, ketersinggungan, bahkan yang paling parahnya adalah tindakan tawuran yang terjadi adalah dendam yang sudah bertahun-tahun dan turun temurun. Hal yang seperti ini tentunya bukan yang diharapkan oleh bangsa, sesuai dengan isi UUD 1945 yang berbunyi “mencerdaskan kehidupan bangsa”.
Keadaan yang terjadi saat ini bukanlah sepenuhnya kesalahan para pelajar, pelaku anarkis tidak seharusnya kita hindari namun mereka sudah menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai temannya, orang tua, guru, dan masyarakat yang harus menolongnya.
Selain dukungan-dukungan dari orang sekitarnya perlu juga ada lembaga atau wadah yang orientasinya berkenaan dengan pembentukan karakter yang baik, pembentukan moral yang baik, aktivitas-aktivitas yang bersiggungan langsung dengan alam sekitarnya, latihan kedisiplinan, pengembangan diri dan lain-lain. Gerakan Pramuka merupakan salah satu wadah yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut.
Gerakan pramuka memiliki aturan orientasi geraknya yang disebut kode kehormatan yaitu tri satya dan dasa darma.
Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Poin pertama dalam dasa darma yaitu Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang berarti kita harus senantiasa bertakwa kepada tuhan dan mengetahui tujuan penciptaan manusia di bumi ini.
Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia
Poin kedua, berarti sebagai manusia kita sudah sepatutnya melindungi alam raya kita dan juga saling menebar kasih sayang sesama manusia, apabila kita mampu melaksanakan ini maka takan ada lagi yang namanya tawuran antar pelajar dan tak ada lagi penebangan hutan secara ilegal.
            Poin selanjutnya bisa ditemukan sendiri, referensi terkait dasa darma sangat banyak, namun dengan memahami seluruh isi dari dasa darma dan tri satya maka kita sendiri akan tahu manfaat gerakan pramuka bagi anak bangsa. Pemahaman-pemahaman tentang pramuka juga semakin dalam, karna tidak sedikit mereka yang tidak memahami gerakan pramuka hanya berkesimpulan bahwa gerakan pramuka hanya wadah menyanyi, bermain-main, pasang-pasang tenda, masak-masak, pecahkan sandi, namun dibalik itu ada banyak manfaat yang mampu membantu pembentukan karakter anak bangsa, membantu pembinaan moral yang baik.
            Pada dasarnya memahami isi dasa darma dan tri satya tidaklah begitu sulit, namun yang menjadi tantangan kita sendiri setelah memahami isinya adalah sejauh mana kita mampu melaksanakan maksud dari trisatya dan dasa darma tersebut. Oleh sebab itu gerakan pramuka yang paling sangat dibutuhkan adalah action, kita perlu berbuat agar diri ini bisa berubah kita perlu berbuat agar orang lain bisa berubah, dan rakyat Indonesia perlu berbuat agar Negara Republik Indonesia yang kita cintai ini bisa berjalan sesuai dengan cita-cita para pendahulu kita. Dan bisa menjadi tempat yang layak buat anak-anak dari cucu kita di masa depan.
Mari sama-sama menjaga alam
Mari sama-sama menuju cita-cita bangsa
IKHLAS BAKTI BINA BANGSA BERBUDI BAWA LAKSANA

10 comments: