Contoh Games dan manfaatnya

Contoh Games dan Pelaksanannya dalam pramuka


Assalamualaikum,
Salam Pramuka
Games atau permainan mempunyai peranan penting dalam latihan rutin pramuka. Permainan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas latihan pramuka. Seorang anggota pramuka selain kaya dengan skill tali temali, sandi dan lainnya mereka juga harus cakap dalam memberikan games. Gerakan merupakan sebuah pendidikan yang bersifat nonformal, sehingga kegiatan kepramukaan harus dikemas dalam bentuk smenarik mungkin.
ada banyak referensi terkait jenis permainan termasuk Tri satya dan tujuannya di google.

Bentuk-Bentuk Games
1.      Di dalam ruangan
Pemberian games di dalam ruangan dibutuhkan suatu kreatifitas yang tinggi, ini dikarenakan games yang akan dilakukan di dalam ruangan haruslah betul-betul menarik tanpa memakai space atau ruang yang cukup luas. Kegiatan yang biasanya dilakukan di dalam seperti pemberian materi atau pembukaan kegiatan secara formal.
Ketika berada pada kondisi dalam ruangan sebaiknya menggunakan games yangtidak mengahruskan peserta beranjak dari tempatnya. Seperti permainan pengalihan konsentrasi, atau games perkenalalan.
2.      Di alam terbuka
Pemberian games di alam terbuka dibutuhkan sebuah ketajaman pemikiran dalam melakukan improvisasi. Si pemberi permainan apapun yang berada di alam harus dapat dijadikan sebagai bahan permainan.
Kelebihan dari kondisi ini adalah kita memiliki space yang cukup luas, sehingga sebaiknya games yang diberikan ketika berada di alam adalah games yang bersifat mengasah kerjasama anggota. Seperti bermain kaki seribu, ular naga, dan lain-lain.

Jenis-jenis permainan
1.      Permainan yang mengasah konsentrasi
Jenis permainan dominan digunakan ketika berada di dalam ruangan. Misalnya, ketika pemberian materi peserta mulai merasa ngantuk, bosan atau mulai tidak tertarik dengan kondisi ruangan. Maka pemateri dengan sigap memacu kreatifitasnya agar ruangan kembali kondusif.
2.      Permainan yang mengasah kerjasama
Jenis permainan ini dominan digunakan ketika berada di alam terbuka. Misalnya, latihan mingguan pekan ini adalah materi lapangan.
3.      Permainan yang mempererat silaturahmi
Jenis permainan ini sifatnya fleksibel, jenis ini bisa digunakan di dalam ruangan amaupun di alam terbuka.
4.      Permainan yang mengasah logika
Jenis permainan ini dominan digunakan pada kondisi di dalam ruangan. Karena jenis permainan ini tidak membutuhkan banyak gerakan atau ruang, tetapi lebih kepada melatih anggota pramuka dalam mempertajam daya pikirnya dalam menyelesaikan permasalahan.
Contoh Games
1.      Konsentrasi
Nama permainan: Lingkaran besar kecil
Aturan main:
Memberikan clue, jika saya membuat lingkaran kecil peserta mengatakan besar jika saya membuat lingkaran besar peserta menjawab kecil.
Agar lebih menantang peserta yang kurang konsentrasi diminta untuk memberikan sebuah hiburan.
Karena sifatnya pengalihan konsentrasi maka games ini sebaiknya dilakukan paling banyak 5 kali.

2.      Mengasah kerja sama
Nama permainan: Ular Naga
Peserta diarahkan untuk membentuk beberapa kelompok, jika sudah terbentuk msetiap kelompok diminta untuk berbaris secara berbanjar. Kemudian pemimpin games menjelaskan aturan main.
Aturan main:
1.      Peserta paling belakang dianggap sebagai ekor dan yang paling depan dianggap sebagai kepala.
2.      Setiap kelompok diberi sebuah balon yang telah ditiup, dan mempertahankan balon agar tidak sampai meletus.
3.      Yang berhak memcahkan balon adalah bagian kepala
4.      Tiap kelompok tidak boleh terlepas dari ekor hingga kepala, jika terputue maka dianggap gugur
5.      Peserta diberi waktu 20 menit untuk bertahan dan menyerang.
6.      Yang menjadi pemenang hanya 1 kelompok.
7.      Jika selama 20 menit 2 kelompok yang mampu bertahan, maka kedua kelompok ini diadu kembali hingga menjadi 1 juara.
3.      Mempererat silaturahmi
Nama permainan: sambung nama
Peserta diminta untuk membuat sebuah lingkaran. Dengan pemberi games berada di tengah lingkaran.
Aturan main:
1.      Orang pertama menyebut nama sendiri
2.      Selanjtnya orang kedua menyebut nama orang pertama dan namanya sendiri
3.      Selanjutnya orang ketiga menyebut nama orang pertama, kedua dan dirinya sendiri.
Begitu setersunya hingga sampai kembali kepada orang pertama.
4.      Mengasah logika
Nama permainan: 7 (seven) Boom.
Peserta diminta berbentuk lingkaran.
Aturan main:
1.      Peserta berhitung mulai dari angka 1 dan seterusnya.
2.      Jika peserta mendapatkan ada unsur angka 7 maka diganti dengan kata BOOM
Misalnya, 1,2,3,4,5,6, Boom, 8,9,10,11,12,13, Boom,15,16, Boom, …. dan seterusnya.

Manfaat Games

Apapun jenis permainanya dimana pun tempatnya, sebaiknya di akhir permainan diberikan sebuah manfaat atau tujuan memberikan games tersbut. Sehingga peserta tidak secara terpaksa mengikuti game stersebut. Ini juga bermanfaat untuk pengembangan diri mereka.

Apa permainan yang paling populer di daerahmu.???

0 comments:

Post a Comment