Contoh Games dan Pelaksanannya
dalam pramuka
Assalamualaikum,
Salam Pramuka
Games atau permainan mempunyai peranan penting dalam latihan rutin
pramuka. Permainan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas latihan pramuka.
Seorang anggota pramuka selain kaya dengan skill
tali temali, sandi dan lainnya mereka juga harus cakap dalam memberikan games. Gerakan
merupakan sebuah pendidikan yang bersifat nonformal, sehingga kegiatan
kepramukaan harus dikemas dalam bentuk smenarik mungkin.
ada banyak referensi terkait jenis permainan termasuk Tri satya dan tujuannya di google.
Bentuk-Bentuk Games
1.
Di dalam ruangan
Pemberian games di dalam ruangan dibutuhkan suatu
kreatifitas yang tinggi, ini dikarenakan games yang akan dilakukan di dalam
ruangan haruslah betul-betul menarik tanpa memakai space atau ruang yang cukup luas. Kegiatan yang biasanya dilakukan
di dalam seperti pemberian materi atau pembukaan kegiatan secara formal.
Ketika berada pada kondisi dalam ruangan sebaiknya
menggunakan games yangtidak
mengahruskan peserta beranjak dari tempatnya. Seperti permainan pengalihan
konsentrasi, atau games perkenalalan.
2.
Di alam terbuka
Pemberian games di alam terbuka dibutuhkan sebuah
ketajaman pemikiran dalam melakukan improvisasi. Si pemberi permainan apapun
yang berada di alam harus dapat dijadikan sebagai bahan permainan.
Kelebihan dari kondisi ini adalah kita memiliki space yang
cukup luas, sehingga sebaiknya games yang diberikan ketika berada di alam
adalah games yang bersifat mengasah kerjasama anggota. Seperti bermain kaki
seribu, ular naga, dan lain-lain.
Jenis-jenis permainan
1.
Permainan yang mengasah konsentrasi
Jenis permainan dominan digunakan ketika berada di
dalam ruangan. Misalnya, ketika pemberian materi peserta mulai merasa ngantuk,
bosan atau mulai tidak tertarik dengan kondisi ruangan. Maka pemateri dengan
sigap memacu kreatifitasnya agar ruangan kembali kondusif.
2.
Permainan yang mengasah kerjasama
Jenis permainan ini dominan digunakan ketika berada di
alam terbuka. Misalnya, latihan mingguan pekan ini adalah materi lapangan.
3.
Permainan yang mempererat silaturahmi
Jenis permainan ini sifatnya fleksibel, jenis ini bisa digunakan di dalam
ruangan amaupun di alam terbuka.
4.
Permainan yang mengasah logika
Jenis permainan ini dominan digunakan pada kondisi di dalam
ruangan. Karena jenis permainan ini tidak membutuhkan banyak gerakan atau
ruang, tetapi lebih kepada melatih anggota pramuka dalam mempertajam daya
pikirnya dalam menyelesaikan permasalahan.
Contoh Games
1.
Konsentrasi
Nama permainan: Lingkaran
besar kecil
Aturan main:
Memberikan clue,
jika saya membuat lingkaran kecil peserta mengatakan besar jika saya membuat lingkaran
besar peserta menjawab kecil.
Agar lebih menantang peserta yang kurang konsentrasi
diminta untuk memberikan sebuah hiburan.
Karena sifatnya pengalihan konsentrasi maka games ini
sebaiknya dilakukan paling banyak 5 kali.
2.
Mengasah kerja sama
Nama permainan: Ular Naga
Peserta diarahkan untuk membentuk beberapa kelompok,
jika sudah terbentuk msetiap kelompok diminta untuk berbaris secara berbanjar. Kemudian
pemimpin games menjelaskan aturan main.
Aturan main:
1.
Peserta paling belakang dianggap sebagai ekor
dan yang paling depan dianggap sebagai kepala.
2.
Setiap kelompok diberi sebuah balon yang telah
ditiup, dan mempertahankan balon agar tidak sampai meletus.
3.
Yang berhak memcahkan balon adalah bagian kepala
4.
Tiap kelompok tidak boleh terlepas dari ekor
hingga kepala, jika terputue maka dianggap gugur
5.
Peserta diberi waktu 20 menit untuk bertahan dan
menyerang.
6.
Yang menjadi pemenang hanya 1 kelompok.
7.
Jika selama 20 menit 2 kelompok yang mampu
bertahan, maka kedua kelompok ini diadu kembali hingga menjadi 1 juara.
3.
Mempererat silaturahmi
Nama permainan: sambung nama
Peserta diminta untuk membuat sebuah lingkaran. Dengan
pemberi games berada di tengah lingkaran.
Aturan main:
1.
Orang pertama menyebut nama sendiri
2.
Selanjtnya orang kedua menyebut nama orang
pertama dan namanya sendiri
3.
Selanjutnya orang ketiga menyebut nama orang
pertama, kedua dan dirinya sendiri.
Begitu setersunya
hingga sampai kembali kepada orang pertama.
4.
Mengasah logika
Nama permainan: 7 (seven)
Boom.
Peserta diminta berbentuk lingkaran.
Aturan main:
1.
Peserta berhitung mulai dari angka 1 dan
seterusnya.
2.
Jika peserta mendapatkan ada unsur angka 7 maka
diganti dengan kata BOOM
Misalnya,
1,2,3,4,5,6, Boom, 8,9,10,11,12,13, Boom,15,16, Boom, …. dan seterusnya.
Manfaat Games
Apapun jenis permainanya dimana
pun tempatnya, sebaiknya di akhir permainan diberikan sebuah manfaat atau
tujuan memberikan games tersbut. Sehingga peserta tidak secara terpaksa
mengikuti game stersebut. Ini juga bermanfaat untuk pengembangan diri mereka.
baca juga Tri satya dan tujuannya.
Apa permainan yang paling populer di daerahmu.???
0 comments:
Post a Comment