Manfaat Berdoa

Jangan berhenti berdoa!

Doa merupakan salah satu cara manusia melakukan sebuah permohonan atau permintaan kepada Allah dengan penuh pengharapan. Agar Allah membantu kita memenuhi harapan itu. Tapi pernahkah kita merasa doa kita tidak dikabulkan?
Allah maha menepati janji, teruslah berdoa kita tidak tahu doa mana yang akan dikabulkan_Nya. Jangan sekali-sekali merasa berputus asa dalam berdoa bisa jadi kita sedang di uji untuk mengetahui seberapa serius kita meminta kepada_Nya.
Tidakkah kita berlajar dari kisah nabi Ibrahim, beliau sangat mendambakan seorang anak. Maka dengan penuh pengharapan nabi Ibrahim terus meminta kepada Allah agar dikaruniai seorang anak yang soleh. Bukankah Dia maha menepati janji, nabi Ibrahim dikaruniai seorang anak ketika beliau berusia lanjut yakni berusia 86 tahun, 40 tahun setelah beliau menikah. (Qs. Ash-Shaffaat [37]:100).
Hanya kepada_Nyalah kita menaruh harapan, bersabarlah sedikit jika doamu belum terkabul mungkin saja Allah sedang mempersiapkan sesuatu yang jauh lebih besar dari apa yang kita minta.
Meskipun telah dikabarkan tentang janji Allah masih ada saja yang tidak mau menunggu, maka datanglah mereka ke tempat-tempat yang tidak di ridhai oleh Allah seperti dukun, peramal, batu besar, pohon keramat bahkan kuburan tua untuk melakukan sebuah permintaan agar apa yang diinginkannya cepat terwujud.
Jika seperti ini bukankah kita seperti orang yang hidup di zaman sebelum datangnya nabi Muhammad, yang menyembah patung, matahari, kayu yang diukir. Itu berarti terjadi kemunduran pengetahuan dari dalam diri kita. Memakai cincin yang berhiaskan delima dan memakainya ketika hendak berjualan dengan tujuan dagangannya akan semakin laris dengan memakai cincin tersebut.

Bukankah Allah mengatakan mintalah kepadaKu niscaya akan Aku kabulkan. Maka jika menginginkan sesuatu mintalah kepada Allah Rezeki, jodoh, ilmu, kelapangan hidup, anak yang soleh, kelulusan sekolah, kelancaran bisnis dan sebagainya. Jangan malu, jangan ragu dan jangan berhenti berdoa Karena orang yang berhenti berdoa sama halnya orang yang telah berputus asa dalam meminta kepada Allah. Lagi pula Allah senang dengan hambanya yang datang lalu meminta kepada Allah dengan penuh keyakinan, tanpa kita sadari sesungguhnya Allah mengajarkan kita sikap optimis dalam menginginkan sesuatu.

0 comments:

Post a Comment